Pages

Jumat, 16 September 2016

Green Campus Tidak Harus di Kampus
Ibrahim, Instrumentasi/2016

Fungsi utama dari jalan adalah sebagai prasarana lalu-lintas atau angkutan, guna mendukung kelancaran arus barang, jasa, serta aktifitas masyarakat. Kenyataan di perkotaan terjadi ketidak seimbangan antara tingkat pertumbuhan jalan di satu sisi dengan tingkat pertumbuhan kendaraan di sisi lain, dimana pertumbuhan jalan jauh lebih kecil daripada tingkat pertumbuhan kendaraan. Dengan kondisi yang demikian, dapat dipastikan akan terjadi pembebanan yang berlebihan pada jalan, yang pada gilirannya mengakibatkan terjadi kemacetan lalu-lintas, kenyamanan perjalanan terganggu, kebosanan perjalanan, kelelahan perjalanan, pemborosan waktu dan materi. Yang kesemuanya menjurus kearah terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas. Kemacetan lalu-lintas, bagi sebagian orang mungkin biasa, tetapi menjadi tidak biasa dan mungkin menjengkelkan bagi mereka yang menganggap waktu adalah sangat berharga, waktu adalah uang, waktu adalah kesempatan, waktu adalah prestasi, dan waktu adalah karir.
Kemacetan lalu-lintas merupakan masalah di kota-kota yang perkembangannya melaju dengan pesat seperti di kota malang. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kemacetan lalu-lintas tersebut, sepintas mungkin sama, mungkin juga tidak, setiap tempat atau lokasi bisa berbeda karakteristik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi, disamping antara yang direncanaankan dan pelaksanaan yang belum tentu sama. Untuk itu diperlukan adanya analisis tentang kemacetan lalu-lintas sebanyak-banyaknya, dengan harapan dapat menghasilkan solusi yang terbaik bagi semua.
Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya, Kota malang merupakan kota pelajar dengan banyaknya berdiri perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Salah satunya adalah Universitas Brawijaya.  Universitas Brawijaya sendiri (biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW atau singkatan resmi UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang. Universitas Brawijaya memiliki kontribusi penting dalam meningkatnya jumlah angka kendaraan yang hadir di Malang. Tentunya ini menjadi problematika tersendiri bagi Universitas Brawijaya dan khususnya Kota Malang.
Permasalahan seperti ini harus cepat diatasi, karena kalau tidak pemanasan global, efek rumah kaca, dan sebagainya akan terus meningkat. Seluruh elemen masyarakat, khususnya civitas akademika Universitas Brawijaya sudah seharusnya sadar akan hal ini. Oleh karena itu salah satu solusi dari kemacetan yang ada di Malang ialah setiap mahsiswa yang ingin memasuki kampus UB dengan menggunakan kendaraan roda dua wajib ditumpangi oleh dua orang. Dengan demikian pengguna kendaraan pribadi yang masuk ke dalam kampus UB dapat berkurang setidaknya kurang lebih setengah dari sebelumnya. Selain itu, menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki dapat meminimalisir pemanasan global. Tentunya hal-hal seperti ini harus ada kebijakan dari pihak kampus UB sendiri, contohnya seperti penentuan salah satu dari tujuh hari dalam satu minggu pelarangan mahasiswa menggunakan kendaraan pribadi seperti halnya di beberapa fakultas adanya hari wajib menggunakan baju batik.
Jika hal ini terealisasikan dengan baik, besar kemungkinan Universitas Brwijaya akan menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya untuk meminimalisir pemanasan global. Oleh karena itu, diharapkan program Green Campus tidak hanya mampu menyadarkan segenap civitas akademika, namun lebih jauh dari itu makna yang terkandung dalam program kampus hijau (Green Campus) adalah sejauh mana warga kampus dapat memanfaatkan sumberdaya yang ada di lingkungan kampus secara efektif dan efisien misalnya dalam pemanfaatan kertas, alat tulis menulis, penggunaan listrik, air, pengelolaan sampah baik organik maupun non organik, dan lain lain. Dengan demikian, Green Campus bukan hanya sesuatu yang dibesar-besarkan agar diakui eksistensi sebuah kampus dari lingkungan sekitar, namun lebih dari itu diresapi oleh semua elemen masyarakat dunia bahwa bumi ini harus diselamatkan.

Daftar pustaka
2.      http://hendra-dwi-purnama.blogspot.co.id/2014/04/analisis-kemacetan-di-kota-malang.html


0 komentar

Posts a comment

 
© 2011 boim's notes | 2012 Templates
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top